UBUD, Kilasbali.com – Sebanyak 103 peserta tampak antusias mengikuti kompetisi “Receptionist of The Year (ROTY) 2025”, sebagai ajang pariwisata regeneratif, yang digelar selama beberapa hari di Mediterranean Bali-Ubud, Gianyar. Di mana, terdata ada 73 peserta yang mengikuti kategori Industrial dan 30 peserta kategori Academy. Penyelenggaraan acara ke-15 kali ini memperebutkan piala bergilir dari PHRI BPD Bali. Mengusung tema “Wayang: Harmonizing Ubud, Culture, and Nature for Sustainability and Regenerative Tourism,” sebuah refleksi mendalam tentang harmonisasi manusia, budaya, dan alam yang menjadi fondasi pariwisata berkelanjutan yang berfokus pada Bali. Berkolaborasi dengan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA), Ubud Hotel Association (UHA), Human Resources Association (HRA), dan Bali Hotel Association (BHA). Juga mendapat dukungan luar biasa dari 31 perusahaan sponsor, sebuah bukti nyata kolaborasi erat antara industri, asosiasi perhotelan, dan institusi pendidikan dalam memajukan kualitas sumber daya manusia di bidang hospitality. “ROTY 2025” menjadi ajang kompetisi, dan platform pengembangan diri, peningkatan kompetensi, serta pembentukan jaringan profesional yang solid. Ketua Panitia “ROTY 2025” I Putu Deny Kesuma Putra, yang akrab disapa Deny menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan ROTY tahun ini yang diadakan untuk pertama kali di daerah Ubud dengan jumlah peserta terbanyak. “Event “ROTY 2025” ini tidak akan terlaksana tanpa adanya dukungan dari Dinas Pariwisata Bali, PHRI BPD Bali, collaboration partners, strategic partners. Juga meningkatkan kualitas pariwisata berbasis cultural dan tentunya regenerative tourism,” ujar Deny. Dengan tema besar yang mengangkat filosofi wayang sebagai simbol keseimbangan, ROTY kembali menegaskan komitmennya untuk mencetak talenta perhotelan yang unggul secara teknis, juga memiliki kepekaan terhadap nilai-nilai budaya dan keberlanjutan yang menjadi jantung pariwisata Bali. ROTY merupakan kompetisi tahunan yang telah berlangsung selama 15 tahun, bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM perhotelan melalui kompetisi, pelatihan, dan pembentukan jaringan profesional yang mengkhusus kepada frontliner atau receptionist. ROTY terus berkomitmen memajukan standar hospitality Indonesia sekaligus mendukung pariwisata berkelanjutan. Rangkaian acara dimulai pada Selasa (2/12/2025) melalui sesi Technical Meeting, dilanjutkan Qualifying Round berupa written test dan presentation pada Jumat (5/12/2025), terdiri dari dua kategori yaitu industrial dan academy, serta babak penentuan atau Final Round yaitu Role Play Session, Sabtu (6/12/2025). Dari seluruh peserta, hanya mereka yang masuk 20 besar yang berhak melaju ke babak final round untuk menunjukkan kemampuan terbaik dalam skenario pelayanan, masalah yang dihadapi sebagai seorang receptionist profesional secara langsung. Penjurian dilakukan oleh para ahli dan profesional dari berbagai lini industri hospitality, memastikan setiap aspek penilaian berjalan objektif dan berstandar tinggi. Setelah proses seleksi yang ketat, “ROTY 2025” menetapkan tiga pemenang utama kategori Industrial yaitu, Komang Esa Winanda dari Desa Potato Head sebagai juara 1, I Wayan Rudi Arya Widayana dari Bali Beach Hotel & The Meru Sanur sebagai juara 2, dan juara 3 adalah Isaura dari Desa Potato Head. Tiga pemenang utama kategori Academy masing-masing, Ni Putu Cahya Santhi dari Elizabeth International Hotel & Business School sebagai juara 1, disusul Ni Komang Tri Cahya Kirana dari Mediterranean Bali sebagai juara 2, dan Elysabet Novianti Wulan Martono sebagai juara 3. Semua pemenang ini berhasil menunjukkan keunggulan dalam pengetahuan, karakter, dan kemampuan pelayanan prima yang menjadi kunci profesi receptionist dalam industri perhotelan. (Kb/djo)