SETELAH menempuh perjalanan menuju destinasi liburan, hotel menjadi tempat pilihan untuk beristirahat. Kebanyakan tamu tidak terlalu memikirkan keseluruhan pengalaman menginap selain hal-hal mendasar. Padahal tanpa disadari ada beberapa kesalahan yang mungkin dilakukan saat menginap di hotel.Berikut ini beberapa petugas resepsionis dan manajer di berbagai hotel di Amerika Serikat dan internasional mengungkapkan kesalahan yang paling sering dilakukan para tamu. Scroll ke bawah untuk melanjutkan membaca 1. Tidak memesan langsung melalui hotelMeski memesan hotel melalui platform perjalanan pihak ketiga cenderung lebih hemat, namun ada beberapa kekurangannya. Direktur kamar 106 Jefferson di Huntsville Alabama Chase Christian mengatakan memesan melalui pihak ketiga mengurangi lebih dari separuh tindakan yang dapat dilakukan untuk membantu tamu, seperti manfaat loyalitas. Jika perjalanan dibatalkan secara tak terduga, pihak hotel tidak dapat mengembalikan uangnya. "Pihak ketiga mengenakan biaya keterlambatan untuk perubahan di menit-menit terakhir," ujarnya dilansir dari Huffington Post.2. Tidak melakukan riset sebelum menginapMenurut Ivanna Gonzalez, direktur kamar di Kimpton Surfcomber Hotel di Miami, banyak tamu tidak menanyakan tentang fasilitas dan layanan yang tersedia hingga setelah masa inap mereka berakhir.“Kami sering mendengar dari tamu tentang hal-hal yang mereka harap mereka tahu disediakan, baik itu bantal tambahan atau bahkan rekomendasi tempat wisata lokal,” kata Gonzales.Rachel Mylett, asisten manajer divisi kamar di The Lodge at St. Edward di Kenmore, Washington, mengatakan bahwa propertinya menawarkan fasilitas yang tidak akan terpikirkan oleh tamu pada umumnya tanpa melihat situs web mereka. Seperti lapangan pickleball, malam permainan, happy hour khusus, tur sejarah mandiri, dan yoga gratis di hari Sabtu.3. Tidak menanyakan peralatan kebersihan diriAda kalanya lengah saat berkemas sehingga lupa membawa sikat dan pasta gigi. Hal ini bisa ditanyakan di meja resepsionis. Tidak semua hotel menawarkan ini, tetapi banyak hotel menyediakan perlengkapan sikat gigi, sisir, dan tisu pembersih wajah untuk tamu jika mereka memintanya.4. Tidak memesan spa atau tempat makan sebelumnya.Pesanlah spa dan tempat makan segera setelah memesan kamar hotel untuk memastikan tempatnya tersedia sebelum kedatangan. Mylett mengatakan hotel-hotel populer di dekat kota besar sering kali kehabisan kamar jauh hari sebelumnya.“Kami sangat kesal ketika tamu kami tidak dapat menikmati semua layanan dan fasilitas di properti yang mungkin mereka harapkan saat kedatangan," katanya.5. Tidak menanyakan tentang waktu check-in dan check-out yang fleksibelBanyak hotel memiliki waktu check-in dan check-out standar. Namun, biasanya ada fleksibilitas jika bertanya sebelumnya apakah penerbangan akan tiba lebih awal atau membutuhkan waktu tambahan satu jam untuk bersiap-siap di pagi hari. "Hotel seringkali memiliki fleksibilitas dalam hal permintaan ini, terutama jika mereka sudah memberi tahu sebelumnya," kata Gonzalez.6. Tidak menghubungi dengan keluhan dan permintaan.Karyawan hotel ingin memastikan tamu menikmati masa inap yang menyenangkan di properti mereka. Tetapi mereka tidak akan tahu bagaimana cara memperbaikinya jika tamu tidak memberi tahunya. Termasuk jika ingin merayakan acara khusus, mungkin tim hotel akan membantu menjadikannya lebih istimewa.“Jangan malu-malu. Balas email dan pesan teks untuk memastikan masa inap Anda sesuai dengan harapan Anda,” kata Mylett.