Perbaikan Data
Perbaikan Data khusus anggota
Klik Di Sini

Kemenpar: Earth Festival 2025 gaungkan semangat lestarikan lingkungan

Salah satu produk yang dipamerkan dalam Earth Festival 2025 dengan tema “Greening Our Future : Reshaping Habit for the Better Earth” di Lippo Nusantara, Jakarta, (19/4/2024). (ANTARA/HO-Kemenpar) Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata menyatakan telah memberikan dukungan pada pelaksanaan Earth Festival 2025 yang digelar di Lippo Nusantara, Jakarta pada 18-20 April 2025 karena menggaungkan semangat dan konsistensi membangun kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan. "Kami menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya 'Earth Festival 2025' sebagai salah satu event yang fokus pada kampanye pelestarian lingkungan. Hal ini selaras dengan semangat besar pengembangan pariwisata Indonesia ke depan yakni pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan atau pariwisata hijau," kata Deputi Bidang Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenpar, Vinsensius Jemadu dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis. Festival yang diselenggarakan selama tiga hari dan mengangkat tema soal “Greening Our Future : Reshaping Habit for the Better Earth” itu mencakup serangkaian agenda seperti talkshow, bazaar makanan dan produk vegan, beragam lomba menarik, doorprize, dan pertunjukan seni budaya alam. Baca juga: Gerakan Wisata Bersih dinilai perkuat aspek kebersihan wisata Baca juga: Kemenpar sebut pariwisata bisa jadi jawaban dari masalah tarif AS Kegiatan ini bertujuan membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya membentuk kembali kebiasaan hidup manusia demi masa depan bumi yang lebih hijau. Masyarakat dan seluruh pihak diajak untuk bersinergi dalam menerapkan pola hidup, pola makan, dan pola pikir yang mendukung keberlangsungan hidup jangka panjang. Ia menyampaikan penyelenggaraan Earth Festival 2025 juga memberikan dampak positif terhadap pergerakan wisatawan khususnya wisatawan nusantara. Hal itu terlihat dari jumlah pengunjung dalam tiga hari kegiatan yang mencapai 67.926 orang. Jumlah ini melebihi target awal sebanyak 50 ribu pengunjung. Pihak penyelenggara juga mencatat bahwa transaksi dari acara sudah mencapai Rp651.219.360. "Selama kegiatan, Kemenpar melakukan aktivasi promosi WINNER (Wonderful Indonesia National & International Event 'Registered) yang nantinya akan bertransformasi menjadi 'Event by Indonesia'," ujar Vinsensius. Baca juga: Kemenpar-UN Tourism berencana terbitkan pedoman investasi pariwisata Baca juga: Kemenpar perkuat wisata lewat program unggulan dan sinergi regional Baca juga: Kemenpar ajak PHRI lakukan pemetaan guna hadapi efisiensi anggaran